Inilah Penyebab Banjir di Jakarta

Posted: December 28, 2012 in Jakarta
Tags: ,

Saat musim penghujan tiba, maka saat itu pula masyarakat Jakarta bersiap untuk menyambut banjir yang akan datang. Banjir seakan sudah menjadi fenomena alam bagi warga Jakarta saat musim penghujan tiba. Terlebih bagi warga yang tinggal di bantaran kali, sudah pasti mereka selalu mengalami yang namanya banjir.

Sudah bertahun-tahun lamanya banjir di Jakarta terjadi, bahkan sudah banyak memakan korban jiwa. Beberapa kali ganti Gubernur, tetap saja banjir terus melanda Ibukota tercinta ini. Sebenarnya apa sih penyebab banjir di Jakarta? Berikut beberapa penyebab terjadinya banjir di Ibukota:

1. Sistem penataan kota yang sejak dulu tidak tertata rapi. Bahkan terkesan berantakan, bangunan-bangunan liar bertebaran di seluruh penjuru kota, mulai dari bantaran kali, selokan yang mulai tertutup sampai pembangunan gedung yang tidak memperhatikan sistem drainase.

2. Sendimentasi permukaan sungai/kali menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir di Ibukota. Kedalaman sungai/kali menjadi dangkal akibat sendimentasi, akibatnya saat hujan turun sungai/kali tidak bisa maksimal dalam menampung air hujan dan sungai pun meluap maka terjadilah banjir.

3. Jumlah kendaraan di Jakarta yang melampaui batas mengakibatkan permukaan tanah di Jakarta menjadi turun. Dampak awal yang ditimbulkan akibat jumlah kendaraan yang melampaui batas ini bisa kita lihat di Jakarta Utara. Disana, permukaan tanah sudah lebih rendah dibandingkan dengan air laut. Akibatnya sering terjadi banjir rob bahkan hampir setiap hujan datang, baik hujan kecil ataupun besar, terjadilah banjir.

4. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Masyarakat dengan seenaknya membuang sampah di sungai ataupun selokan tanpa peduli akibat yang akan ditimbulkan. Kurangnya perhatian pemerintah serta sanksi yang diberikan, membuat masyarakat menganggap sungai itu adalah tempat pembuangan sampah. Kurangnya tempat pembuangan sampah juga harus diperhatikan, karena kebanyakan masyarakat yang membuang sampah di kali, beralasan bahwa mereka tidak memiliki tempat sampah yang memadai.

Itulah yang menjadi penyebab terjadinya banjir di Jakarta. Perlu kesadaran bersama untuk menanggulangi banjir yang sudah cukup lama menghantui warga Jakarta. Banyak yang dirugikan akibat banjir, tidak sedikit harta benda yang rusak ataupun hanyut terbawa banjir. Jadilah warga yang baik dengan mematuhi aturan-aturan agar meminimalisir terjadinya banjir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s