gambarpersija.com

gambarpersija.com

Begitu banyak cobaan yang menimpa klub kebanggaan Ibukota, Persija Jakarta. Mulai dari legalitas klub sampai krisis finansial. Entah sampai kapan cobaan ini akan terselesaikan. Tapi yang pasti, Persija adalah klub yang besar bagaimana pun keadaannya dan akan tetap besar walau cobaan terus menghadang.

Permasalahan legalitas Persija sedikit demi sedikit sudah menemui titik terang, di awali dengan kemenangan PT Persija Jaya Jakarta-selaku administrator Persija di ISL- di PN Jakarta Timur atas PT Persija Jaya-administrator Persija di IPL-.

PN Jakarta Timun menghasilkan 3 point penting, diantaranya (1) PT Persija Jaya bukan administrator Persija. (2) PT Persija Jaya tidak berhak memakai nama Persija. Dan, (3) PT Persija jaya harus membatalkan pendaftaran atas nama Persija di IPL.

Berdasarkan 3 point di atas, administrator Persija yang sah menurut hukum adalah PT Persija Jaya Jakarta pimpinan Ferry Paulus. Sedangakan PT Persija Jaya yang mengelola Persija di IPL tidak berhak menggunakan nama Persija di kompetisi manapun. Hal ini disambut suka cita para pendukung setia Persija -Jakmania- yang memang sudah sejak awal mendukung Persija yang dikelola PT Persija Jaya Jakarta pimpinan Ferry Paulus karena Ferry Paulus merupakan ketua umum Persija yang didukung 24 klub dari 30 klub amatir anggota Persija.

Namun kemenangan ini belum sepenuhnya sempurna, karena PT Persija Jaya Jakarta belum di sah kan PSSI sebagai administrator Persija. Mungkin ini dikarenakan Persija yang dikelola PT Persija Jaya Jakarta berlaga di kompetisi Indonesia Super League yang notabene adalah liga ilegal menurut PSSI. Menurut PSSI ya, bukan menurut saya.

Ya walaupun belum di sah kan PSSI namun kemenangan PT Persija Jaya Jakarta di PN JakTim telah membukakan mata masyarakat sepakbola Indonesia bahwa Persija yang asli adalah Persija yang dikelola PT Persija Jaya Jakarta, yang berlaga di ISL dan di isi oleh pemain ikon Persija, Bepe-Ismed-Leo.

Satu masalah hampir terselesaikan namun masalah lain bermunculan. Namun yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan adalah mengenai gaji pemain yang belum di bayarkan sepenuhnya oleh manajemen dan tidak adanya kejelasan kontrak pemain untuk musim yang akan datang. Imbasnya, beberapa pemain Persija memboikot pemusatan latihan Persija di Sawangan.

Pemboikotan latihan Persija di awali dari sang icon Persija, Bambang Pamungkas dan Ismed Sofyan, lalu di ikuti 8 pemain Persija lainnya. Belum dibayarkannya gaji kurang lebih 5 bulan serta ketidak jelasannya kontrak merupakan faktor utama penyebab para pemain tersebut memboikot latihan.

Hal ini menimbulkan reaksi keras dari pendukung Persija, mulai dari jejaring sosial sampai ke aksi nyata yang dilakukan Jakmania Garis Keras dengan melakukan aksi damai di depan kantor Persija di Senayan. Mereka meminta manajemen untuk menyelesaikan permasalah pemain secepatnya karena liga sudah di depan mata. Tidak hanya berbicara saja tapi harus di realisasikan.

Kalau sudah begini, siapa yang bertanggung jawab? Siapa lagi kalau bukan manajemen Persija yang berkantor di Senayan. Siapa lagi kalau bukan Ferry Paulus selaku Ketua Umum Persija. Apa pun alasan manajemen, mereka harus bertanggung jawab atas kekacauan yang sedang terjadi. Gaji adalah hak pemain karena mereka sudah menjalankan kewajibannya, kontrak pemain merupakan hal yang wajib karena ini klub profesional bukan sekolah sepakbola.

Persija oh Persija, deritamu kini. Masalah terus menimpa tanpa henti. Tapi satu yang pasti, Jakmania akan selalu ada untuk mendampingi mu layaknya pasangan kekasih. Suka dan duka akan kita lewati walaupun terjangan ombak laut selatan sekali pun.

Persija oh Persija

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s