Jangan Kurangi Hukuman bagi Bandar Narkoba

Posted: December 29, 2012 in Berita
Tags: , , ,

Keseriusan aparat hukum untuk berperang melawan sindikat dan pengedar narkoba sedang diuji. Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Gories Mere pun menyatakan para anggota sindikat atau bandar narkoba kelas kaap harus dihukum sekeras-kerasnya.

“Kami akan mengawal agar para bandar ataupun produsen narkoba tidak mudah mendapat pengurungan hukuman. Hal ini berbeda dengan candu atau orang yang menyalahgunakan narkoba karena mesti direhabilitasi. Jangan sampai mereka (para bandar) berpikir punya peluang untuk penurunan hukuman,” kata Gories

Gories menyatakan hal itu saat ditanyai pendapat mengenai putusan Mahkamah Agung yang membatalkan hukuman mati bagi pemilik pabrik ekstasi bernama Hengky Gunawan.

Hengky ditangkap pada 23 Mei 2006 di Perumahan Yani Golf, Jl Gunung Sari, Surabaya, Jatim. Ia ditangkap karena memproduksi dan mengedarkan ekstasi dalam jumlah besar. PN Surabaya menjatuhkan hukuman selama 15 tahun penjara. Pada tingkat banding, Pengadilian Tinggi Surabaya memperberat hukuman menjadi 18 tahun penjara. Kemudian di tingkat kasasi hal itu berubah menjadi hukuman mati. Akan tetapi, hukuman mati itu dianulir MA dan hukumannya menjadi 15 tahun penjara.

Penganuliran hukuman itu diputuskan tiga hakim agung, Imron Anwari, Achmad Yamanie, dan Hakim Nyak Pha. Namun, menurut juru bicara MA, Djoko Sarwoko, putusan itu menyalahi prosedur. Jika ada putusan yang akan membatalkan putusan pengadilan negeri, banding, dan kasasi, para hakim agung terkait harus membawa perkara tersebut ke rapat pleno hakim agung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s